Ratusan Pramuka SIT se-Jateng Ikuti Persari

Para peserta Perkemahan Satu Hari (Persari) Sekolah Islam Terpadu Jawa Tengah sedang mengikuti upacara pembukaan di Halaman MI Lukman Al Hakim Slawi, Sabtu (1/9).
SLAWI - Ratusan Pramuka dari berbagai Sekolah Islam Terpadu (SIT) mengikuti Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persari) Satuan Komunitas Pramuka SITJateng 2018 di SITMI Lukman Al Hakim Slawi, Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (1/9) - Minggu (2/9) dibuka Ketua Pimpinan Satuan Komunitas Daerah (Sakoda) SIT Jateng Hananto W, Sabtu (1/9) pagi, di halaman SIT MI Lukman Al Hakim Slawi.
Pesta Siaga yang dikemas dalam Pertemuan Pramuka Siaga Sehari Sako SIT Jateng merupakan wahana pertemuan para Pramuka Siaga, berisi acara kegiatan bersama antara perindukan Siaga Sekolah Islam Terpadu tingkat Jateng. Ketua Pelaksana Persari Sako Pramuka SIT Jateng Wigiyatno mengatakan, kegiatan itu bertujuan membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antarsesama Pramuka Siaga.
Di samping itu, memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara. ”Persari juga bertujuan membentuk pribadi tangguh, mandiri, disiplin, dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya serta melatih ketahanan mental, jasmani, dan rohani,” ungkap Wigiyatno. Selama dua hari, peserta mengikuti berbagai kegiatan. Tahun ini mengusung tema ”Berakhlak, Gembira, Semangat, dan Bersahabat”. Kegiatan Persari dibagi menjadi lima kelompok kegiatan, yakni kegiatan umum berupa upacara pembukaan, upacara penutupan, dan permainan besar Siaga. Lalu kegiatan khas SIT, seperti sholat berjamaah, membaca Al-Matsurat (zikir) dan Qiyamullail. Selanjutnya kegiatan keagamaan dan kepribadian berupa Taman Takwa kepada Tuhan, Taman Toleransi Beragama, Taman Kerapihan Berpakaian, dan Taman Tanda Pengenal Seragam Pramuka.
Peserta juga mengikuti kegiatan ketangkasan dan keterampilan di Taman Ranking I Siaga Gembira, Taman Pengamatan dan Daya Ingat, Taman Scouting Skills, Taman Baris-berbaris, dan Taman Kereta Bola Basket.
Wisata Edukasi
Selain itu kegiatan kepedulian Pramuka Siaga, seperti kegiatan di Taman Bangga menjadi orang Jawa Tengah, Taman Bumbung Kemanusiaan, dan Taman Kebersihan Lingkungan. Dalam kegiatan itu, 330 peserta juga diajak melakukan perjalanan wisata edukasi. ”Wisata edukasi dilaksanakan di dua tempat, yakni di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu dan Wisata Kesehatan Jamu di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang,” ujar pembina Pramuka dari MI Lukman Al Hakim, Slawi Araf.
Di Taman Teknologi Pertanian, para Pramuka Siaga ini diajak keliling melihat beragam jenis tanaman sayuran seperti cabai, tomat, terong yang ditanam di tempat tersebut. Selain itu melihat peternakan kambing. Peserta sangat antusias berwisata di taman yang luas itu, terlebih mereka diajak melihat koleksi kerbau. Sementara itu di Wisata Kesehatan Jamu, peserta dikenalkan berbagai jenis tanaman yang biasa diramu menjadi jamu berkhasiat bagi kesehatan. 
Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar