SDIT Nur Hidayah Adakan Workshop Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran

PRESENTASI: Para guru sedang mempresentasikan hasil kreativitas pembelajaran di hadapan peserta yang lain.
Surakarta-Sabtu (8/2), Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam bentuk workshop kreativitas dan inovasi pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru penggerak dan beberapa guru perwakilan di setiap jenjang pararel.

Ustadz Waskito, S.Pd. selaku Kepala Sekolah dalam sambutannya menyampaikan bahwa, "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM baik secara kualitas maupun kuantitas agar tercapai SDM unggul. Kegitan ini dilaksanakan di awal semester dua sehingga para guru bisa mempersiapkan dengan baik pembelajaran di kelas masing-masing. Tantangan guru di abad XXI harusnya berupaya untuk mengolaborasikan keterampilan 4C dalam pembelajaran. Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativitas. Harapannya, mereka para siswa kelak dapat menjawab tantangan pada zamannya."

Dalam workshop kreativitas dan inovasi pembelajaran ini, panitia menghadirkan Bapak Moh. Salimi, M.Pd. Beliau adalah dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS  sekaligus tim penilai Inobel tingkat nasional.

Dalam paparan materinya beliau menyampaikan, "Seorang guru harus memahami teori pembelajaran dan mempraktikkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan memahami teori dan mempraktikkannya maka seorang guru dapat menikmati profesinya. Jika guru hanya membaca dan memahami teori tanpa mempraktikkan teorinya, ia akan cenderung menyalahkan praktik di lapangan. Jika seorang guru hanya praktik mengajar tanpa mau mempelajari teori, ia akan cenderung menyalahkan kebijakan dari pemerintah."

Kegiatan workshop semakin menarik karena di sela-sela uraian materi langsung diadakan praktik. Salah satunya para peserta diminta membuat kreativitas pembelajaran dari surat kabar (koran). Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dan dipresentasikan hasilnya bergantian.

Salah satu peserta workshop, Nunuk Purnawati, S.Pd. menyampaikan, "Alhamdulillah dapat ilmu yang sangat bermanfaat. Saya bisa  belajar lagi  tentang kreativitas pembelajaran. Semoga ke depan kita dapat menindaklanjuti kegiatan ini dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kreatif, mencipta media pembelajaran yang kreatif, dan mungkin ada follow up nya berupa lomba media pembelajaran antar guru atau antar guru paralel."

Surakarta, 10 Februari 2020
An Kepala Sekolah
Waka Humas SDIT Nur Hidayah
Rahmat Hariyadi, S.Pd.
Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar