Tebar Qurban, Ihsanul Fikri Mungkid Terjunkan 90 Santri ke Pelosok ke Desa


MAGELANG - Hari Raya Idul Adha 1443 H menjadi momentum yang berharga bagi Ponpes Ihsanul Fikri Mungkid. Hal ini dikarenakan pada lebaran qurban kali ini, Ponpes Ihsanul Fikri Mungkid, mendapat kesempatan kembali untuk melaksanakan Dai Muda Masuk Desa sekaligus Tebar Qurban pada 8 sd 10 Juli 2022 di beberapa titik di Kabupaten Magelang yang membutuhkan. Program Santri atau Dai Muda Masuk Desa sempat terhenti saat pandemi kemarin berlangsung, walaupun program Tebar Qurban tetap berjalan. 

Dalam program tersebut, Ihsanul Fikri Mungkid mengutus kurang lebih 105 santri yang terdiri dari santri SMP, SMA , dan SMK ke 9  titik dusun yang tersebar di 5 desa yaitu Sawangan, Dukun, Baleagung, Genikan, dan Windusari. Mereka bertugas untuk menebar hewan qurban dari Ponpes Ihsanul Fikri Mungkid, kemudian ikut terlibat dalam penyembelihan hingga distribusi daging qurban di tempat mereka disebar, lalu sebagian dari mereka juga ditugasi untuk menjadi Imam  dan Khotib pada pelaksanaan sholat ied di masing masing titik. Selain itu mereka juga melakukan bakti masyarakat seperti kerjabakti lingkungan, dan melakukan permainan dengan anak anak TPQ setempat. 

Program ini bertujuan, selain untuk mensyiarkan islam, juga untuk melatih keterampilan bersosialisasi para santri serta menanamkan rasa kepedulian dan berbagi terhadap warga yang membutuhkan.

Bagi santri yang mendapatkan tugas imam dan khotib, ini akan menjadikan wahana berlatih menjadi seorang dai di masyarakat.

 "Alhamdulillaah, tahun ini kami kembali bisa memberangkatkan santri untuk belajar langsung di masyarakat, untuk berlatih life skill dan mengasah kemampuan bersosialisasi. Harapannya juga anak anak tumbuh rasa kepedulian dan berbagi dengan masyarakat," ungkap Mudir Pondok Pesanten, Dr. Ahmad Kasban, Lc, MSI. 

Selain melalui program tersebut diatas, Ponpes Ihsanul Fikri Mungkid juga menyalurkan Hewan Qurban ke berbagai daerah yang lain. Hewan tersebut berasal dari para wali santri dan pada tahun ini diperoleh 371 ekor kambing dan 15 ekor sapi dimana 13 ekor dari sapi tersebut diperoleh daging sebanyak 3.405 Kg. Dua ekor sapi lainnya disalurkan dalam kondisi masih hidup. Hewan dan daging perolehan tersebut disalurkan ke berbagai daerah yang kurang lebih terdiri dari 100 lebih titik di Kab.Magelang dan sekitarnya. Hal ini melebihin perolehan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 249 ekor kambing dan 11 ekor sapi. Ketua Panitia mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dari wali murid atas perolehan yang ada. 

"Kepada para peserta Qurban Tahun ini, terutama para wali santri, kami ucapkan Jazakumulloh katsiran, sehingga perolehan tahun ini meningkat. Semakin banyak hewan yang diperoleh, insyaAlloh akan semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Sekali lagi terima kasih, " ucap Sunarno selaku ketua panitia disela-sela pelaksanaan penyembelihan hewan di pondok.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar