Semar Gareng dan Seni Musik Tradisional Tek-tek Sambut Peserta Hari Guru Nasional JSIT Jawa Tengah di Banjarnegara

 

SAMBUT PESERTA HGN - Penampilan seni tradisional Tek-tek khas Banjarnegara dan tokoh pewayangan Semar dan Gareng sambut peserta HGN JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah di depan Hotel Surya Yudha, Kabupateng Banjarnegara, Sabtu (26/11).

Banjarnegara- (26/11) Ratusan peserta Puncak Peringatan Hari Guru Nasional JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah dari berbagai kabupaten/kota disambut meriah alunan musik Tek-tek dan karakter pewayangan Semar dan Gareng. Kesenian Tek-tek tradisional khas Banjarnegara dari kelompok musik “Gubug Angklung” pimpinan Windi Al Amin membawakan lagu-lagu religi.

 

Simbol Semar Gareng merupakan ikon pada pikulan dawet Ayu Banjarnegara. Semar dan Gareng yang disingkat mareng merupakan filosofi pengharapan pada musim mareng atau kemarau. Dengan Semar dan Gareng pada pikulannya, pedagang dawet ayu berharap pembeli datang untuk membeli dawet ayu.

 

Windi Al Amin, Ketua Paguyuban Tek-tek menyatakan, "Kesenian Tek-tek menjadi sarana syiar agama Islam memadukan seni dan syair Islami dalam lagu religi yang dilantunkan vokalis tek-tek,” ungkapnya.

 

Muhamad Al Akhyar, Ketua Panitia HGN JSIT Indonesia mengatakan bahwa penyambutan peserta dengan karakter semar dan gareng serta iringan kesenian angklung agar ada kesan gembira dari para peserta. Ratusan peserta hadir dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

"Sebagai bentuk memuliakan tamu, panitia menyambut para peserta dengan tek-tek sebagai Kesenian tradisional Banjarnegara serta Semar dan Gareng perwajahan dari Dawet Ayu Banjarnegara.", jelasnya, saat ditanya mengenai tujuan dihadirkannya Tek-tek dan Semar Gareng di tengah perhelatan Hari Guru Nasional (HGN) JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

 

Peringatan HGN JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah akan digelar selama dua hari ke depan, Sabtu-Minggu (26-27/11). Berbagai acara akan meramaikan rangkaian kegiatan ini. Diantaranya lomba guru dan kepala sekolah, seminar nasional Pendidikan, konser nasyid, dan lain sebagainya.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar