Perpustakaan SDIT Usamah Raih Akreditasi A

TEGAL - Perpustakaan Usamah bin Zaid SDIT Usamah Kota Tegal menerima sertifikat Akreditasi Perpustakaan,  Sabtu (17/12/2022). Penyerahan sertifikat dilaksanakan di Gedung Adipura Kota Tegal oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Tegal Andri Yudi Setiawan, S.Sos.

Perpustakaan Usamah bin Zaid SDIT Usamah meraih nilai akreditasi A (sempurna) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Hasil penilaian akreditasi diumumkan pada 9 Desember 2021.  Perpustakaan Usamah bin Zaid menjadi salah satu perpustakaan sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal untuk mengikuti akreditasi tahun 2021.

“Kami membentuk tim khusus dari pustakawan, staf, dan guru untuk mensukseskan akreditasi perpustakaan ini. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan hasil terbaik yang sudah diperoleh,” ungkap Nurbaeti, S.T.P., S.Pd. selaku Kepala SDIT Usamah Kota Tegal. Akreditasi perpustakaan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Proses pemenuhan instrumen akreditasi dilakukan selama kurang lebih 7 bulan dari Februari hingga Agustus 2021. Dalam prosesnya, Perpustakaan Usamah bin Zaid mendapatkan pembinaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustaakaan Kota Tegal oleh Arief Pitono, S.IP.  Pembinaan tersebut sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan perpustakaan dalam memenuhi bukti fisik akreditasi.

Penilaian akreditasi perpustakaan sekolah meliputi enam komponen yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguatan kinerja. Dari enam komponen tersebut, terdapat 77 poin indikator kunci yang perlu dipenuhi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penilaian akreditasi perpustakaan sekolah tahun 2021 dilaksanakan dengan sistem portofolio. Mempertimbangkan situasi pandemi yang belum usai, tak ada visitasi lapangan dalam pemeriksaan bukti fisik. Peserta akreditasi mengumpulkan borang melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal untuk dikirim secara kolektif ke Perpustakaan Nasional. 

“Kami berharap dari pelaksanaan akreditasi ini, Perpustakaan Usamah bin Zaid bisa semakin meningkatkan kualitas pengelolaan maupun pelayanannaya, serta semakin menarik minat baca para siswa maupun guru,” tutur Ummamah Silmi, S.I.Pust. selaku Kepala Perpustakaan.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar