Siswa SDIT Usamah Ikuti Study Tour ke Yogyakarta

YOGYAKARTA - Siswa-siswi kelas VI SDIT Usamah Kota Tegal mengikuti study wisata ke Yogyakarta, Senin (9/1). Sebanyak 95 siswa dan 10 guru pendamping berangkat pukul 21.00 WIB menggunakan 2 armada bus. Ada beberapa destinasi wisata yang dituju di kota pelajar tersebut, di antaranya Masjid Jogokariyan, Taman Pintar, Museum Dirgantara, Tebing Breksi, Studio Alam Gamplong, dan Jogja Bay Waterpark.

Destinasi pertama adalah Masjid Jogokariyan. Di sana para siswa melaksanakan shalat tahajud yang dilanjutkan shalat shubuh berjamaah. Setelah itu, mereka mendengarkan kultum yang disampaikan oleh ulama setempat.

Setelah sarapan dan membersihkan diri, perjalanan dilanjutkan menuju Taman Pintar. Siswa bisa menikmati berbagai sarana edukasi di tempat ini. Beberapa zona yang bisa dikunjungi antara lain Gedung Oval-Kotak yang menampilkan berbagai peralatan peraga berbasis edukasi sains, Gedung Memorabilia untuk pengetahuan sejarah Indonesia, serta Planetarium yang menampilkan pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya. 

Rombongan wisata kemudian menuju Museum Pusat TNI Angkatan Udara (AU) Dirgantara Mandala, Sleman. Di museum tersebut, siswa bisa menyaksikan berbagai koleksi sejarah berupa pesawat terbang, dan memperoleh wawasan terkait sejarah Angkatan Udara serta perannya dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sore harinya, siswa melanjutkan perjalanan menuju Wisata Alam Tebing Breksi. Di tempat ini, siswa disuguhi pemandangan menarik tebing yang dulunya pernah dijadikan sebagai lokasi pertambangan. Sebelum beristirahat di hotel, siswa membeli oleh-oleh dan souvenir, sekaligus mencicipi kuliner khas Yogyakarta di Malioboro.

Rabu pagi, wisata dilanjutkan ke Studio Alam Gamplong. Di studio ini, siswa bisa melihat berbagai latar yang digunakan untuk syuting beberapa film Indonesia. Di sini, siswa juga mendapatkan edukasi mengenai proses pembuatan film. Terakhir, siswa menuju Jogja Bay Waterpark, dimana siswa bisa bermain dan menikmati wisata air. 

Setelah selesai mengunjungi lokasi tujuan wisata, rombongan kembali ke Tegal dan sampai pukul 23.30 WIB. “Harapana kami, dengan kegiatan study tour ini anak-anak bisa menambah wawasan mereka dari lokasi wisata yang telah dikunjungi. Selain itu, mereka bisa belajar untuk mandiri karena jauh dari orangtua. Dan yang pasti, mereka bisa lebih semangat belajar setelah me-refresh diri dari perjalanan wisata kemarin,” tutur Ilmatun Amaliana, S.Pd., selaku Koordinator Kelas VI.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar