Implementasikan Kurikulum Merdeka, SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati Gelar Karya P5

PATI - Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Pati mengadakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada hari Jumat-Sabtu 10-11 Maret 2023 di halaman sekolah setempat. 

Gelar karya tersebut dibuka langsung oleh Ustadz Rujianto sebagai ketua yayasan.Pada hari Jumat diadakan senam pelajar Pancasila untuk kelas 1 dan senam JSIT untuk kelas 4 sedangkan pada hari Sabtu merupakan puncak gelar karya P5.Kegiatan hari Sabtu tersebut berupa pentas seni anak yang merupakan hasil pembelajaran selama satu semester.

Pentas seni ini menampilkan berbagai bakat siswa diantaranya tari bungong jeumpa, tari kreasi P5, rebana, tahfidz, membaca puisi, tembang dolanan, pianika, pencak silat dan penampilan Dalang Mas Nanta.Selain itu juga diadakan pameran hasil karya anak berupa ecobrik, batik jumputan, batik tulis, membuat sabun dari minyak jelantah, pameran taplak batik, topeng dan lukisan. 

Tidak ketinggalan pula dalam rangka menciptakan jiwa wira usaha diakan bazar kreasi dalam bentuk makanan dari olahan pisang, jagung ,ketela, kentang dan berbagai macam minuman.

“Tujuan diadakannya Gelar Karya ini adalah untuk menunjukkan hasil karya P5 kepada warga sekolah, memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil belajarnya dan merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka.Sesuai dengan dimensi P5, tujuan bazar kreasi adalahuntuk meningkatkan kreativitas anak, mengenalkan makanan tradisional, menumbuhkan kemampuan interprener siswa,” tutur Kepala SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Ustadzah Aliyaturrofiah, S.Ag. 

Sekolah yang berlokasi di Jalan Pratomo nomor 1 Sekarkurung, Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo Pati ini memang komitmen sesuai slogan “Kearifan Lokal dan Kewirausahaan” dalam gelar karya tersebut. Terbukti makanan yang ditampilkan merupakan jajanan terbuat dari bahan lokal seperti jagung, ketela, pisang dan kentang. 

Jajanan tersebut dijajakan oleh siswa di sebuah stan yang sudah disediakan panitia. Disinilah siswa dilatih untuk berwira usaha yang suatu saat nanti dapat dikembangkan dalam kehidupan.

Sumber: https://lerengmuria.com/implementasi-kurikilum-merdeka-sd-it-abu-bakar-ash-shidiq-pati-gelar-karya-p5/

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar