JSIT Jateng Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pendidikan

SOLO - Bidang penjaminan mutu JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan workshop online penulisan artikel ilmiah pendidikan bagi guru Sekolah Islam Terpadu (SIT) jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK di wilayah Jawa Tengah pada khususnya dan seluruh daerah di Indonesia pada umumnya, Sabtu 25 Februari 2023.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya mendorong guru-guru SIT untuk lebih profesional, lebih handal, dan kompeten. Guru SIT diharapkan tidak hanya mampu menyampaikan pengetahuan yang dimiliki kepada muridnya tetapi juga mampu menyebarluaskan karya, gagasan, atau penelitian yang dilakukannya.

Workshop ini diselenggarakan dalam tiga sesi. Diawali dengan sesi pretrip yang dikuti peserta dari tanggal 20 hingga 24 Februari 2023 sebagai persiapan dan pengkondisian kognitif melalui google classroom. Sesi trip dilaksanakan pada 25 Februari 2023 melalui zoom meeting. Sesi ini secara resmi dibuka oleh Zainal Abidin, S.Pd. selaku ketua JSIT Indonesia wilayah Jawa Tengah. 

Dalam sambutannya Zainal Abidin mengapresiasi para guru SIT yang sudah menjadi peserta sekaligus mendorong para peserta untuk berkarya seluas-luasnya melahirkan karya-karya ilmiah. “Saya titipkan kepada ustad ustadzah (untuk) menjadi bagian orang yang terpenting di JSIT wilayah Jawa Tengah yang berperan di bidang penulisan artikel,” ungkap Zainal. 

Setelah resmi dibuka, sesi trip berturut-turut dipandu oleh dua pemateri. Dr. Fatwa Tentama, M.Si. dari Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta memandu para peserta memahami urgensi menulis artikel ilmiah hingga memperoleh tips dan trik agar lolos terbit publikasi ilmiah. 

Selanjutnya Budi Lenggono, S.Pd., M.Psi. yang merupakan trainer Pusdiklat Mutu Prima, JSIT Indonesia Wilayah Jateng, memandu peserta memahami teknik penyimpanan dan pengelolaan pustaka digital (mendeley) hingga memahami cara submit artikel secara online. 

Sementara di sesi post-trip akan dilaksanakan pada 27 Februari sampai dengan 11 Maret 2023 sebagai tindak lanjut mengawal peserta menghasilkan karya ilmiah. Peserta akan difasilitasi lebih mendalam lagi tentang teknik sitasi dan menulis artikel sesuai template jurnal yang dituju.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar