Luncurkan Roket Air, SDIT Bina Amal Gelar Puncak Tema Perkembangan Teknologi bersama Tim Pengabdian Teknik Mesin UNDIP

SEMARANG - Sebanyak 112 siswa kelas 3 SD IT Bina Amal melaksanakan puncak tema 7 yaitu Perkembangan Teknologi dengan projek membuat roket air di Aula dan Lapangan SD IT Bina Amal Semarang yang dimulai pukul 07.15 - 11.00 WIB (15/03).

Tujuan puncak tema kali ini adalah menumbuhkan kreativitas dan rasa ingin tahu, sikap kerjasama dalam kelompok, serta mengajak siswa untuk mengenali berbagai macam teknologi dan manfaatnya dalam aspek kehidupan manusia. 

Diawali dengan berdoa dan salat dhuha berjamaah di kelas masing-masing, seluruh siswa berkumpul di aula pukul 08.00 dan bersiap melaksanakan puncak tema dengan membawa bahan-bahan yang sudah dipersiapkan setiap kelompok dengan memanfaatkan limbah botol air mineral yang diubah menjadi roket air.  

Kegiatan puncak tema ini merupakan hasil kolaborasi antara Guru SD IT Bina Amal dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Undip. 

Kegiatan membuat roket air dan proses meluncurkan roket dipandu oleh Bapak Norman Iskandar ST. MT dengan melibatkan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Mesin Undip. Tim Pengabdian Departemen Teknik Mesin FT Undip yang beranggotakan Sri Nugroho, ST., MT., PhD, Dr. Ir. Sulardjaka, ST., MT., IPU, ASEAN Eng, juga melaksanakan kegiatan serah terima alat alat peraga Mesin Uap sederhana sebagai pendukung pembelajaran untuk guru SDIT Bina Amal. 

Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan oleh Lembaga dan Guru untuk mendukung pembelajaran energi uap sebagai tenaga penggerak sarana transportasi dan energi uap sebagai sarana pembangkit listrik untuk siswa-siswi disekolah. Alat ini juga sangat mudah untuk direplikasi sehingga sekolah dapat membuat sesuai kebutuhan secara mandiri.

Rangkaian kegiatan puncak tema adalah pembukaan dan apersepsi terkait perkembangan teknologi di sekitar kita dan pengenalan proses pembuatan roket air.

Setiap kelompok diberikan kebebasan untuk menghias roket air yang telah dibuat. Sesudah itu, seluruh siswa diajak untuk mencoba meluncurkan roket air di lapangan yang didampingi oleh bapak Norman, tim mahasiswa dan juga guru wali. Anak-anak terlihat sangat antusias saat peluncuran roket air oleh masing-masing kelompok. Tak hanya siswa kelas 3 saja, puncak tema kali ini juga membuat siswa siswi dari kelas lain ikut melihat karena penasaran. 

Di akhir kegiatan, salah satu siswa kelas 3 Hamzah bernama Izaz Syakib menuturkan bahwa puncak tema kali ini seru terutama saat kegiatan peluncuran roket air. 

"Walaupun puncak tema merupakan kegiatan rutinan di sekolah, namun vibes nya kali ini tetap berbeda. Alhamdulillah kali ini siswa bisa diajak kerjasama dan bersemangat, sehingga puncak tema berjalan dengan lancar dan tujuannya tercapai sesuai rencana" Ungkap Chasna Azkiyatin Nabila, salah satu guru kelas 3 di SDIT Bina Amal.

Terakhir, acara ditutup dengan penyerahan Kenang-kenangan untuk narasumber yaitu bapak Norman dan tim kemudian foto bersama.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar