Siswa SDIT Amal Insani Laksanakan Kunjungan Edukatif

JEPARA - Siswa-siswi SD IT Amal Insani kelas 1 - 4 melaksanakan kunjungan edukatif ke sejumlah instansi pemerintah dan swasta baru-baru ini, Maret 2023. Kunjungan edukatif ini dilaksanakan dengan tujuan lokasi dan waktu yang berbeda-beda. 

Siswa kelas 3 melaksanakan kunjungan edukatif nya dengan tujuan lokasinya Harumanis, Bapangan, Sokolimo. Anak-anak belajar mengenal dan mengolah makanan sebagai hasil produksi olahan makanan dalam negeri atau produk lokal. Dan ini dibenarkan oleh Koordinator Rombongan, Liliana Aprilianti. 

Kelas 2 melaksanakan kunjungannya  dengan objek BBPBAP (Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau) Jepara dengan Koordinator Rombongan Nanik Zulaekhah. Di sini anak-anak belajar tentang pembudidayaan ikan di air payau. Banyak jenis ikan di sana yang membuat anak-anak sangat bersemangat. 

Sedangkan Kelas 1 melaksanakan kunjungan ke Museum Kartini dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Bandengan dengan Koordinator Titik Wijayanti. Di museum Kartini anak-anak belajar tentang sejarah Pahlawan Emansipasi Wanita ini. Banyak hal yang didapat anak-anak di antaranya tentang sejarah kelahiran dan perjuangannya. Kegiatan kemudian dilanjutkan ke TPA. Di sana anak-anak belajar tentang pemanfaatan dan pengolahan barang-barang yang sudah tak terpakai menjadi barang dan benda yang berdayaguna. 

kemudian Kelas 4 ke Hortimart (Bawen, Semarang) dengan Koordinator kelas 4, Ari Zunaini. 

"Hortimart ini merupakan tempat wisata edukasi yang sangat menarik dikunjungi oleh anak-anak karena hortimart ini menyajikan Agro Tour, inspirasi serta rekreasi. Jadi, di hortimart ini akan mendapatkan paket wisata dan edukasi. Di sini anak-anak bisa mengelilingi kebun dengan mobil tour yang telah disediakan. Tak hanya sekedar tour mengelilingi kebun saja, akan tetapi anak-anak juga bisa belajar menanam budidaya buah dan sayuran yang ada di sana dan yang lebih menyenangkan lagi mereka bisa memetik buah yang sudah siap dipanen," jelas koordinator kelas 4 yang biasa dipanggil Aini ini. 

Pada pelaksanaan kegiatan outing ini setidaknya telah mengajarkan dan mengenalkan pada anak-anak tentang sebuah keterampilan hidup. Dan semua itu diharapkan anak-anak kelas 1,2,3,4 dapat mencapai Standar Kompetensi Lulusan: Memiliki Keterampilan Hidup (Life Skill) - Jiwa Wirausaha (Indikator Mengenalkan produksi dalam negeri). 

Koordinator Kegiatan pasca PTS/STS/PSA 2, Sirojudin  mengatakan bahwa jeda waktu yang ada ini dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran di luar sekolah. Selain mempunyai tujuan untuk bersenang-senang atau refreshing , kegiatan outing ini dimaksudkan untuk melatih para siswa agar berinteraksi langsung dengan sumber dan media belajar. Jadi, anak-anak bisa benar-benar mengalami langsung di lapangan.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar