Ekskul MIPA SDIT Usamah Praktik Membuat Yogurt

TEGAL - Siswa-siswi SDIT Usamah Kota Tegal melakukan kegiatan Praktek Pembuatan Yogurt, Sabtu (9/9). Kegiatan ini diikuti oleh 23 siswa yang tergabung dalam ekskul MIPA bersama 3 guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mengetahui cara membuat yogurt dan juga mengetahui manfaat yogurt sebagai produk olahan susu yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Diawali dengan doa bersama, Sebelum praktek pembuatan yogurt siswa diberikan teori mengenai pengenalan, manfaat dan cara membuatnya.Anak-anak antusias untuk mencoba step-step membuat yogurt dari awal sampai akhir. Mereka bergantian mencoba satu per satu.

Pembuatan yogurt diawali dengan perebusan susu (bisa susu segar atau paesturisasi) yang tidak sampai mendidih, kemudian dilanjut dengan proses pendinginan sampai kira2 suhu 40° C, setelahnya dilakukan step pengokulasian yaitu pemberian bibit yogurt/starter/biang pada susu yang telah didinginkan dan diaduk-aduk.

Langkah berikutnya susu dimasukkan ke plastik gradefood atau toples untuk dilakukan pemeramam. Lama pemeraman bisa 6 jam - 24 jam. Yogurt hasil pemeraman biasanya lebih kental. Setelah pemeraman dan proses fermentasi selesai yogurt bisa dinikmati dengan buah, jus, dll. Yogurt tadi juga bisa digunakan untuk bibit pembuatan yogurt berikutnya. Simpan di kulkas.

Ekskul MIPA SDIT Usamah melaksanakan agenda rutin setiap hari Sabtu. Klub beranggotakan 23 siswa ini berasal dari kelas III-V SDIT Usamah Kota Tegal. “Lewat kegiatan ini, kami berharap siswa bisa memanfaatkan yogurt untuk dikonsumsi sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu mereka juga bisa memperbanyak yogurt dengan starter yg sudah dibuat.” ungkap Siti Ruwaidah, S.Si. selaku penanggung jawab kegiatan.

Dengan kegiatan Praktek Pembuatan Yogurt, siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan mereka terhadap lingkungan, mengurangi kebosanan dalam belajar dengan praktek secara langsung, serta membuat informasi yang disampaikan lebih mudah ditangkap. Strategi ini cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar