JSIT Jawa Tengah Adakan Olimpiade Sains dan Workshop Guru Pelatih OSN

SUKOHARJO - Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan Olimpiade Sains 2023 dan Workshop Guru Pelatih OSN di Graha Yunita Kartasura, Sabtu (29/10). 

Kegiatan diikuti oleh 713 peserta, yang terdiri dari 524 peserta olimpiade dan 182 peserta Workshop Guru Pelatih OSN.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Siswa JSIT Jawa Tengah, Hendro Gunawan, S.Pd. dalam laporan panitia menyampaikan selamat datang kepada para peserta olimpiade dan workshop.

"Selamat datang ahlan wa sahlan kepada peserta lomba Olimpiade Sains dan Workshop Guru Pelatih OSN. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta," sambut Hendro.

"Selamat berlomba penuh kegembiraan dan ukhuwah. Semoga kegiatan ini bermanfaat. Semakin memantik budaya berliterasi, berkompetisi, dan berprestasi untuk Sekolah-sekolah Islam Terpadu (SIT) di Jawa Tengah," sambung Hendro.

Dalam sambutannya, Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zaenal Abidin, S.Pd. menyampaikan bahwa  diperlukan sarana untuk berkompetisi secara sehat untuk mengukur kemampuan murid-murid dalam bidang pengetahuan masing-masing.

"Olimpiade Sains yang digelar oleh JSIT Jawa Tengah menjadi ajang silaturahmi sekaligus mengasah kemampuan murid-murid dalam bidang pelajaran/pengetahuan masing-masing. Khususnya dari Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang ada di Jawa Tengah," ucap Zaenal.

Ada dua mata olimpiade untuk jenjang SD yakni Matematika dan IPA. Adapun untuk jenjang ada tiga mata olimpiade, yakni Matematika, IPA, dan IPS.

Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata olimpiade, yakni Astronomi, Biologi, Ekononi, Fisika, Geografi, Informatika, Kebumian, Kimia, dan Matematika.

Selain itu, para guru dari masing-masing SIT akan mengikuti Workshop Guru Pelatih Olimpiade bertajuk "Pembentukan Tim Olimpiade yang Solid, Produktif, dan Penuh Prestasi".

"Kita berharap melalui Workshop ini akan menjadi pemantik di masing-masing Sekolah Islam Terpadu (SIT) memiliki Tim Olimpiade yang solid. Sehingga murid-murid SIT akan dapat perpartisipasi dan berprestasi dalam olimpiade maupun yang diselenggarakan oleh JSIT, dinas, maupun lainnya," harap Zaenal.

Workshop Guru Pelatih OSN menghadirkan narasumber Faizul Munif, S.Si. Kepala SMAIT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Sekolah yang sukses melahirkan murid-murid pemenang olimpiade. Nara sumber lainnya, Faisal Imam Prasetyo, S.Pd., Gr. salah satu Guru SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar