Puncak HGN 2023, JSIT Jateng Gelar Seminar Nasional Pendidikan

REMBANG - Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah menggelar Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023, Senin (27/11), di Pollos Hotel & Gallery Rembang, Jawa Tengah.

Seminar bertajuk "Membangun Pendidikan Bermakna Berorientasi pada Hati, Inspirasi dari Integrated Holistic Education System" menghadirkan narasumber Dr. Wiranto, M.Kom., M.Cs. selaku Wakil Ketua Umum 2 JSIT Indonesia Bidang Pembinaan Karakter dan Shintawati, S.Si., M.Pd selaku Wakil Ketua Umum 1 JSIT Indonesia Bidang PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ketua JSIT Indomesia Wilayah Jawa Tengah, Zainal Abidin, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Guru Nasional 2023.

"Selamat datang undangan dan peserta HGN 2023 JSIT Jawa Tengah di Kota Rembang. Selamat Hari Guru Nasional 2023. Semangat berjuang bersama JSIT Indonesia, wujudkan generasi unggul, generasi emas pembawa peradaban dan kejayaan mulia," sambut Zainal.

"Membangun generasi unggul harus fokus sejak pendidikan usia dini. Menurut para pakar, delapan puluh persen perkembangan otak manusia terjadi di usia dini. Metode pendidikan holistik integratif menjadi pilihan tepat untuk menumbuhkan potensi baik murid-murid. Tentunya dengan sentuhan hati. Penting untuk kita literasi, pahami, dan aplikasikan," sambung Zainal.

Salah satu narasumber dalam Seminar Nasional ini, Dr. Wiranto, M.Kom., M.Cs. menyampaikan adanya tiga pilar dalam pendidikan.

"Ada tiga pilar dalam pendidikan. Pertama; Karakter, utamanya guru dan orang tua, karena ia akan memberikan keteladan mulia bagi murid-muridnya, supaya murid-murid memiliki karakter mulia. Kedua; Kompetensi, pedagogik, kepribadian, sosial, profesional menjadi bekal supaya peserta didik berkompeten. Ketiga; Literasi, beragam literasi yang menjadikan peserta didik berwawasan luas, solutif, kreatif," papar Wiranto.

Lebih dari 500 peserta guru dan kepala Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang terbagung dalam JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, hadir dan mengikuti kegiatan ini.

Acara ini dimeriahkan oleh tampilan tarian "Wonderland Indonesia" murid-murid PAUDIT Al Ihsan Rembang. Pidato Bahasa Inggris "My Teacher is My Hero" dari murid-murid SDIT Mutiara Hati Lasem. Serta tampilan Tari Orek-Orek oleh murid-murid SMPIT Al Kahfi Rembang. Tarian ini merupakan kesenian tradisional khas asli Rembang.

Selain itu juga ada lelang lukisan oleh  DPPU JSIT Jawa Tengah. Hasil lelang lukisan akan didonasikan untuk membantu warga Palestina.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar