Mempersiapkan Masa Baligh Anak-anak

Para siswa sangat antusias mengikuti materi persiapan menjelang masa baligh
Solo – Mempersiapkan masa baligh anak dan membekali mereka dengan perbekalan iman yang kuat sehingga anak menjadi berkualitas merupakan tanggungjawab kita semua. Sebagaimana firman Allah SWT ,
“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap mereka. Karena itu mereka bertaqwa kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. ” (QS. Annisa: 9).
Kutipan ayat tersebut bak cambuk semangat dan motto bagi para ustadz Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta dalam mempersiapkan generasi Islam yang hebat.
Untuk merealisasikannya maka pada hari ini (10/4/2018) kelas 4 SDIT Nur Hidayah menggelar daurah pra baligh. Bertempat di aula gedung barat bagi siswa putri, dengan pemateri Ustadzah Sutarmi, dan di Masjid Al Huda dengan pemateri Ustadz Bahruni Arsyad bagi siswa putra.
Tujuan pemisahan tempat ini adalah agar materi dapat tersampaikan secara terang, jelas, dan gamblang bagi siswa-siswi.
Ustadz Bahruni Arsyad, selaku pemateri peserta putra mengawali materinya dengan mengutip surat Ar-Rum ayat 54 tentang tahapan pertumbuhan manusia. Beliau, Ustadz Bahruni melalui materi yang disampaikan menuturkan
“Bahwa sesungguhnya setiap manusia itu pada mulanya lemah tak berdaya. Hanya Allah yang memberinya kekuatan.”
Penyampaian materi disampaikan dengan cara yang menarik dan interaktif sehingga anak-anak begitu menikmati sesi demi sesi.
Demikian halnya juga dengan kelompok daurah putri. Mereka mengikutinya dengan penuh antusias, tenang, tertib dalam menyimak materi yang dipaparkan oleh Ustadzah Ami (sapaan akrab dari Ustadzah Sutarmi)
Salah satu siswi kelas 4C Vatara Alma Dea menuturkan,
“Pengetahuan baru bagi saya. Saya jadi mengerti tanda-tanda baligh“.
Sementara dari peserta dauroh putra, Anas Irsyad (10) kelas 4A saat ditanya pendapatnya tentang dauroh halaqoh, menjawab
“Materinya bagus, penyampaiannya juga. Dan tak kalah bagusnya karena ruangan ber-full ac”.
Ketua Panitia Dauroh Halaqoh kelas 4 tahun ini, Ustadzah Endah Sri Handayani, S.Pd. mengatakan,
“Melalui dauroh halaqoh ini diharapkan agar anak-anak kelas 4 bisa dengan maksimal menjadi pembekalan (materi prabaligh). Namun, jika kemudian sudah dilakukan, baligh mereka sudah benar-benar siap dan paham dengan segala konsekuesinya. memang benar-benar belum ada, masih jelas. Namun, siswa-siswi sudah mulai mengerti “.
Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar