Gagasan: Empat Jurus Jitu Membangun Sekolah Baru

Wasis Pambudi, S.Pd., M.Pd., Ketua Bidang Bina Pribadi Islami (BPI) JSIT Jawa Tengah

Sekolah yang menjadi tempat untuk belajar peserta didik bisa didirikan oleh kelompok masyarakat. Karena untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa diperlukan kontribusi yang produktif dan aktif dari seluruh elemen masyarakat. Berikut ini tulisan singkat dari Ustadz Wasis Pambudi, Ketua Bidang Bina Pribadi Islam JSIT Jateng yang juga Kepala Sekolah SMAIT Al Hidayah Klaten memberikan empat jurus mendirikan sekolah baru.

Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Manajerial yang Produktif, berkaitan dengan efektivitas kinerja tim yang solid, dinamis dan tepat sasaran. Dibutuhkan pula leader sekolah dengan jiwa dan kecakapan yang mantap, plus bertubuh yang sehat. 

2. Inovasi yang Positif, berkaitan dengan terobosan-terobosan berdasarkan analisis potensi sesuai dengan visi misi, untuk mengangkat performance sekolah.

3. Branding yang Kreatif, berkaitan dengan bagaimana tingkat ketersampaian info-info tentang sekolah kepada khalayak, dengan kemasan yang menarik perhatian. 

4. Kelincahan yang Adaptif, berkaitan dengan bagaiamana sekolah mampu mengikuti dan menyesuaikan perubahan-perubahan dalam rangka kemajuan, baik perubahan yang datang secara internal maupun yang datang secara eksternal.

Demikian gagasan yang disampaikan oleh Ustadz Wasis. Tentu Anda juga mempunyai gagasan yang tidak kalah menarik. Tuangkan gagasan Anda di kolom komentar. Semoga menjadi hasanah kebaikan kepada insan pendidikan di Jawa Tengah ataupun di nusantara.

Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar