Anugerah Guru Teladan dan Inspiratif SIT Usamah Tegal

TEGAL - Bulan November sebagai bulan yang istimewa pagi para guru, karena pada tanggal 25 November di peringati sebagai Hari Guru Nasional. Yayasan Ribathul Ukhuwah yang menaungi unit TPA, KBI, RA Usamah 1, RA Usamah 2, SDIT Usamah dan SMP IT Usamah Boarding School serta Unit Usaha Ukhuwah menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Guru Nasional bertempat di aula SIT Usamah, pada tanggal 26 November 2022 dengan tema Serentak Berinovasi dalam Merdeka Belajar, Wujudkan Generasi Qur’ani.

Acara dibuka dengan penampilan tim Hadrah SDIT Usamah yang membawakan lagu Man Ana. Sambutan dari pengurus yayasan disampaikan oleh KH. Amiruddin,LC yang berpesan agar peringatan Hari Guru Nasional dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan kompetensi guru. Dalam kesempatan tersebut hadir Kabid PPTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ibu Nur Vera Zenina,S.Kom mewakili Kadisdikbud.

“Usamah menjadi salah satu sekolah yang berkontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan mengedepankan nilai-nilai Qur’ani, mendidik anak-anak untuk cerdas akademik itu mudah, justru pendidikan dalam pembentukan karakter dan adab itulah yang sulit, kami yakin SIT Usamah dapat berhasil mencetak generasi yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila,” ungkap Vera.  

Yayasan Ribathul Ukhuwah pada bulan Oktober telah menggelar Lomba Kreasi dan Inovasi dalam rangka Hari Guru Nasional. Beberapa lomba yang diadakan yaitu Inovasi Pembelajaran (Inobel) PAUD, SD dan SMP, PTK, Best Practice, Inovasi Service Excellent, dan Penghargaan Usamah Choice Award.

Dalam lomba tersebut para guru SIT Usamah menunjukkan masing-masing kompetensi dan kreativitasnya. Hasil perlombaannya adalah sebagai berikut :

🏆PTK dan Inovasi Pembelajaran (Inobel) PAUD : Qurotul Aeni,S.Pd, Amilinadini, S.Pd, dan Novaliyana,S.Pd.AUD.

🏆Inobel SD dan  SMP : Lili Nurlaili,S.Pd., Sujarwo,S.Pd., Zubaedah,S.Pd.

🏆Penelitian Tindakan Kelas SD dan SMP : Nur Retno Setyoningrum, S.Pd., Putri Rosyanti,M.Pd., Yuli Purnamasari,S.Pd.

🏆Best Practice : Wihartati Indah,W.,S.Pd., Nurbaeti,S.T.P, Eliyati,S.Pd.

🏆Inovasi Service Excellent : Dimasigit Candra Wibowo,Amd.T, Ummamah Silmi,S.I.Pust, Nur Baeti,Amd.

Selain berbagai lomba di atas, dilaksanakan penganugrahan Guru Teladan dan Guru Inspiratif dari semua unit yang dipilih berdasarkan penilaian Kepala Sekolah. Penganugerahan Guru Teladan dan Guru Inpiratif tahun 2022 diberikan kepada Putri Rosyanti,M.Pd. dan Devy Aprilia,S.Pd.dari SMP IT Usamah, Nur Retno Setyoningrum,S.Pd. dan Sujarwo,S.Pd. dari unit SDIT Usamah, Werdiningsih,S.Pd. dan Kartini,S.Pd. dari PAUD IT Usamah, sedangkan dari Unit Usaha Ukhuwah terpilih Karyawan Teladan Akhmad Nuridin. 

Di sela berlangsungnya agenda Puncak HGN, para guru dan karyawan turut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk musibah gempa di Cianjur. Penggalangan dana terkumpul sebesar Rp. 2.682.000 yang akan diserahkan bersama donasi para siswa dan walimurid SIT Usamah melalui Lazis Jateng.

"Harapan kami dengan adanya lomba dan pemberian penghargaan tersebut akan memotivasi seluruh guru/karyawan Yayasan Ribathul Ukhuwah - SIT Usamah agar semakin meningkat kompetensi dan kinerjanya dalam mendidik siswa-siswi SIT Usamah," ungkap Dra. Nurul Hidayah selaku ketua panita.

Agenda puncak Hari Guru Nasional 2019 berlangsung dengan semarak dimeriahkan oleh berbagai tampilan dari ustadz-ustadzah yang mewakili setiap unit. Para guru dan karyawan menunjukkan kebolehannya dalam bidang seni yaitu penampilan grup paduan suara PAUD, stand up komedi unit usaha, grup hadrah SDIT Usamah, tim nasyid SMP IT Usamah, dan unjuk bakat kemampuan bahasa Arab dari guru Bahasa Arab di SDIT Usamah.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar