Pinsakocab Pramuka SIT Magelang Jadi Pemateri Karang Pamitran Kwarran Mungkid

MAGELANG - Mengawali kegiatan di tahun 2023 ini, pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2023 Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mungkid mengadakan kegiatan Karang Pamitran untuk Pembina Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak se Kwarran Mungkid. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang workshop SMP N 1 Mungkid. Antusiasme peserta sangat baik, ada 110 peserta dari 55 pangkalan hadir mengikuti acara.

Pada sambutannya, Ka Kwarran Mungkid, Kak Agus Komari, M.Pd. menyampaikan bahwa Karang Pamitran ini adalah ajang silaturahmi dan belajar antarpembina. Beliau juga berharap agar Pembina Pramuka di Kwarran Mungkid bisa berperan aktif menyukseskan Pramuka Garuda dan mengembangkan Gugusdepan Mantap. 

Alhamdulillāh karang pamitran kali ini diisi oleh narasumber dari Pinsakocab Pramuka SIT Magelang yang juga merupakan Pelatih Pusdiklatcab Bina Putra Karana Kwartir Cabang Magelang dan Pengurus Kwartir Ranting Mungkid. Beliau adalah Kak Abdullah Joko Triono, S.Pd. selaku Ka Mabigus SD IT Zaid bin Tsabit 3 Salam dan Kak Pawit Riyadi, S.Pd.Si. selaku Pembina SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid. 

Kak Joko yang juga tergabung dalam tim pengembang Pramuka Garuda Kwarcab Magelang menyampaikan materi Pramuka Garuda Hak Setiap Peserta Didik. Salah satu penekanan materinya adalah bagaimana Pembina melakukan tahapan-tahapan ujian SKU, SKK, dan SPG dengan baik. Harapannya tidak ada lagi Pramuka Garuda yang instan sehingga benar-benar bisa menjadi teladan. Adapun Kak Pawit membawakan materi tentang Pengembangan Gugus Depan Mantap. Pada tahun 2022 lalu Kak Pawit beserta tim bisa mengantarkan SMA IT Ihsanul Fikri menjadi Juara Harapan 2 Gugusdepan Mantap Kwarda Jawa Tengah. Beliau berpesan agar setiap Gugusdepan terus berupaya meningkatkan kualitasnya dengan memperhatikan poin-poin penting Gugusdepan Mantap. Tidak bisa menjadi Gudep Mantap kalau perencanaan dan pelaksanaan beserta kelengkapan sarana prasarana tidak dikelola dengan baik, tambahnya.

Salah satu peserta, Kak Rohmah Indarti, Pembina di SD IT Zaid bin Tsabit Mungkid menyampaikan kesan beliau terhadap kegiatan karang pamitran ini. "Alhamdulillah senang sekali mengikuti karang pamitran secara langsung, bertemu dan bisa bertanya langsung dengan narasumber. Selalu ada ilmu baru dan semakin mantap dalam membina peserta didik. Selain itu senang sekali bisa bersilaturahmi dengan sesama pembina. Harapannya Kwarran bisa mengagendakan pelatihan-pelatihan atau sejenisnya agar tambah semangat," kata beliau.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar