Bincang Budaya Tegalan, Budayawan Atmo Tan Sidik Sambangi Siswa SMPIT Usamah Tegal

TEGAL - Dalam rangka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka, pada Senin (30/1/2023) SMPIT Usamah mengundang Bapak Atmo Tan Sidik seorang Budayawan Tegal yang sudah berkiprah di tingkat Nasional. 

Kehadirannya untuk berdialog dan berdiskusi dengan siswa kelas 7 SMPIT Usamah dalam tema kearifan lokal yang mengangkat sejarah berbagai macam kebudayaan di Tegal khususnya makanan tradisional berupa nasi ponggol, kupat dan tahu aci.

Beliau mengatakan, "Saya melihat ada upaya dari SMPIT Usamah untuk mengenalkan persoalan kearifan lokal yang saat ini menjadi keprihatinan kita bersama. Lokalitas adalah sebuah sunatullah yang harus dikenalkan kepada siswa agar mereka tidak asing denga budaya dan lingkungan sendiri."

Pekan ini sebanyak 28 siswa kelas 7 melaksanakan program P5 dengan tema kearifian budaya lokal yang berfokus pada makanan khas tradisional yaitu cara membuat tahu aci khas Tegal.

"Saya jadi mengetahui kebudayaan dan makanan khas Tegal, asal usul dan sejarah Tegal. Serta menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya daerah kita sendiri," ujar Abida Aulia Rahma salah satu siswa kelas 7.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar