Ratusan Siswa SDIT Amal Insani Ikuti Manasik Haji

SEMARANG - Siswa kelas 5 dan 6 SD IT Amal Insani melaksanakan manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang (14/03). Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah selesai pelaksanaan PTS, STS, PSA 2 TP 2022/2023 (2-11/03). 

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari mengikuti  manasik haji bagi siswa dan guru.  Seperti membantu siswa dan guru memahami ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan jika mampu, suatu upaya melakukan pembelajaran nilai-nilai agama dengan metode simulasi yang mudah, melatih disiplin dengan melakukan urutan-urutan rukun haji, akan mendatangkan kesan mendalam sehingga dapat membentuk pribadi menjadi agamis. 

Aktivitas kognitif menjadi terangsang karena dalam manasik haji anak akan banyak mendengar, menghapal, dan melantunkan doa-doa di tiap aktivitas yang berbeda, seperti saat sedang melempar jumrah, sa'i, dan thawaf.

Juga dapat memberikan pengetahuan mengenai bentuk kabah sesungguhnya melalui replika yang sangat mirip dan memberitahukan fungsinya bagi umat Islam. 

"Beberapa manfaat dari Kegiatan Pembelajaran  Manasik ini diantaranya adalah: meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap ibadah haji, memotivasi siswa untuk menyempurnakan rukun Islam (ibadah haji), juga bermanfaat bagi guru yang terlibat dalam pelatihan. Dan hal tersebut termaktub juga dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Islam Terpadu," tandas Kepala Sekolah, Purdayanti. 

"Anak-anak sangat senang dengan kegiatan ini terbukti sangat antusiasnya mereka berebut informasi seputar kegiatan manasik haji kepada panitia. Bahkan doa-doa manasik yang telah disiapkan oleh panitia telah dipelajarinya baik-baik," kata guru kelas 6, Sri Retnowati.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar