Serunya Studi Lingkungan SDIT Bina Amal di River Walk

SEMARANG - Kegiatan Puncak Tema merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh SD IT Bina Amal Semarang di awal atau akhir pergantian tema pembelajaran. Kali ini puncak tema kelas V mengusung tema Bersahabat dengan Hewan dan lingkungan Sekitar. Kegiatan ini berupa kunjungan studi lingkungan di River Walk, Boja Semarang (20/5). 

Sebanyak 105 siswa dan 10 guru pendamping berangkat dari sekolah ke lokasi. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga siang hari dengan serangkaian kegiatan yang mengasikan. 

"Hari ini puncak temanya seru Bu, saya bisa menggendong kucing, memberi makan ikan dan burung, mengetahui jenis-jenis kelinci, dan yang paling seru bisa berenang bersama teman-teman" ungkat ceria Fathimah Fauziaturrahmah, salah satu siswa kelas V Zaid. 

Siswa diajak berkeliling River Walk dan diperkenalkan dengan banyak hewan seperti ikan langka, kelinci, kucing, burung, tupai dan lain sebagainya. Mereka diizinkan mengamati, menyentuh, bahkan memberi makan hewan tertentu seperti ikan, kelinci, dan burung. 

"Diharapkan kegiatan puncak tema kali ini memberikan siswa banyak pengetahuan, lebih dekat dan sayang dengan hewan, mempunyai pengalaman langsung dalam mengenal hewan dan lingkungannya. Semoga menjadi momen yang berkesan dan lebih membangun solidaritas antarsiswa." harap Indah Wulansari, salah satu guru kelas V yang ikut mendampingi. 

Tak hanya mengenal hewan dan lingkungan tempat tinggalnya, tetapi ada kegiatan seru lainnya seperti cooking mini class yaitu menghidangkan burger. Kemudian ada games,  berenang, dan juga kerja kelompok agar para siswa lebih kompak. 

Selain siswa, orangtua siswa juga diizinkan untuk terlibat dalam puncak tema ini. Ikut mendampingi dan merasakan keseruan bersama anak-anak mereka. Salah satu orangtua siswa, Ririn Winarni mengungkapkan bahwa ikut senang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini bisa melatih kemandirian, kekompakan, kedisiplinan, dan menumbuhkan rasa sayang pada binatang. Beliau berharap kegiatan seperti ini, khususnya kegiatan fieldtrip semacam ini biasa diadakan secara periodik.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar