Akhirussanah SDIT Usamah Tegal Tampilkan Aneka Tari Nusantara

TEGAL - SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan akhirussanah atau perayaan akhir tahun ajaran siswa. Acara yang digelar di Shangri La - Sand Convention Hall Tegal ini dihadiri oleh sekitar seribu walimurid beserta tamu undangan, Minggu (28/5). Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Pengawas Dabin Panggung Ahmad Masykur, S.Pd, M.Pd, para pengurus Yayasan Ribathul Ukhuwwah, serta kepala sekolah SIT Usamah Kota Tegal.

Mengusung tema ‘Keberagaman Nusantara Rahmat untuk Alam Semesta’, seluruh siswa siswi kurang lebih 500 siswa dari kelas I-VI  menampilkan kreasi tari dari berbagai penjuru Indonesia. Acara dimulai pukul 07.15 WIB dengan bacaan tilawah dan terjemahan Surat Al Hujarat oleh siswa. Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan parade do’a harian, parade hadits, serta parade tahfidz yang dibawakan oleh siswa kelas I,II, dan III. 

“Proses pendidikan merupakan perjalanan penting dalam hidup untuk membentuk generasi bangsa yang bermanfaat dalam masyarakat. Bukan hanya untuk mencapai keunggulan intelektual tapi kemampuan spiritual juga penting. Dari hafalan Juz 29 dan 30 yang telah ditampilkan siswa siswi SDIT Usamah, diharapkankan bisa menjadi ibadah yang terus mengalir bagi orangtua,” tutur Trisari Novianto, S.S.T.P, M.Si. selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dalam sambutannya.

Pagelaran tari dibuka dengan tampilan tari Geyol Tegalan dan Tari Saman. Medley Pagelaran Tari Nusantara dari Indonesia Timur mempertunjukkan Tari Apuse, Yamko Rambe Yamko, dan Ampar-ampar Pisang. Untuk daerah Jawa, siswa menampilkan Tari Geretan, Jaranan, Padang Bulan, Lir Ilir, Cublak-cublak Suweng, Gundul-gundul Pacul, Ondel-ondel, Tokecang, dan Manuk Dadali. Berikutnya siswa menampilkan beberapa tari dari Sumatera, antara lain Tari Indang, Tari Piring, Selayang Pandang, Zapin Melayu, Tari Tor-tor, dan Bungong Jeumpa.

Selain pertunjukkan tari Nusantara, kegiatan akhirussanah ini juga menampilakan Story Telling  serta paduan suara dan drama Islami tentang Kisah Nabi Yusuf AS yang dibawakan oleh siswa siswi kelas VI. Acara ditutup dengan siswa siswi naik ke panggung mengenakan aneka baju adat Nusantara menyanyikan lagu rahmatan Lil ‘alamin.

Pelaksanaan Akhirussanah ini juga di tampilkan secara live streaming di kanal Youtube SIT Usamah dan mendapatkan respon positif dari para wali murid. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan keberagaman Nusantara lewat pagelaran karya dalam bingkai Islam yang rahmatal lil a'alaamin (rahmat untuk alam semesta). Selain itu, kegiatan ini diharapakan mampu membangun rasa percaya diri dan keberanian siswa untuk tampil, serta menumbuhkan kreativitas dalam berkarya dan melatih kekompakkan.

“Kami berharap, kegiatan Akhirussanah ini bisa memberikan pengalaman yang berkesan untuk para siswa serta wali murid, khususnya kelas VI yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” imbuh Atika Nur Azizah, S.Pd. selaku ketua panitia.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar