SDIT Usamah Gelar Wisuda dan Peluncuran Antologi Angkatan XVII

TEGAL - TPQ Usamah bin Zaid SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan wisuda dan khotmil Qur’an bagi siswa siswi kelas VI angkatan ke-17, Sabtu (18/6). Acara ini mengusung tema ‘Dengan Jiwa Qur’ani, Wujudkan Generasi Rabbani’. Sebanyak 97 siswa diwisuda dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aula Puspita Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal.

Acara dimulai dengan pemutaran video kenangan siswa siswi kelas VI dilanjutkan dengan pembacaan tilawah, sholawat, dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Berikutnya wisudawan wisudawati dikirab menuju panggung dan membacakan Juz 30 surat Adh Dhuha sampai Al Bayyinah serta do’a senandung Al Qur’an. Demonstrasi wisuda dipandu oleh Ustadzah Retno Susanti, S.Pd. selaku Kepala TPQ Usamah bin Zaid. Beberapa hadirin mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran Al Qur’an kepada wisuda yang dipilih secara acak.

Wakil Walikota Tegal Bapak Dr. HM. Jumadi, ST, MM. turut hadir dan memberikan sambutan. Beliau menyampaikan tentang pentingnya mendidik anak dengan etika dan adab sebagai generasi di masa depan. Menyekolahkan anak dengan pembiasaan ibadah kelak dapat meningkatkan derajat orangtua.

Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan  Dinas Pendidikan Kota Tegal Bapak Sarwono Singgih Primadi, ST, MT, perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal Bapak Karisun, S.Ag, M.Pd.I , Korwil Tegal Timur Ibu Retnowati, M.Pd, perwakilan Yayasan Ribathul Ukhuwwah Bapak Sirat Mardanus, S.Pi, M.Si serta Duta Baca sekaligus Budayawan Kota Tegal Bapak Drs. Atmo Tan Sidik.

Berikutnya, penyerahan karya antologi angkatan 17 dipandu oleh Manajer Humas sekaligus Ketua Komunitas Jejak Pena SIT Usamah Diani, S.Pd. Buku antologi bertajuk ‘Mahkota di Syurga’ diserahkan oleh Kepala SDIT Usamah Nurbaeti, STP., S.Pd. kepada para tamu undangan.

Pada acara inti yaitu prosesi wisuda, wisudawan dan wisudawati dipanggil satu persatu dengan profil dan karakter mereka. Mereka membawakan lagu Himne TPQ dan Terimakasih Guruku yang diiringi dengan tampilan puisi. Mereka juga membacakan Ikrar TPQ serta Ikrar Alumni. Selanjutnya, para wisuda berkesempatan untuk menyerahkan bunga kepada orangtua mereka masing-masing yang sedang duduk di kursi pengunjung.

Dalam acara tersebut, adapula tampilan Da’i Cilik dari siswa kelas III, sambutan 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris dari siswa kelas 6, penyerahan secara simbolis kenang-kenangan dari Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG), serta penyerahan penghargaan bagi karya antologi terbaik, peraih IMTAS terbaik, nilai Ujian Sekolah terbaik, serta hafalan terbanyak. Siswa dengan hafalan terbanyak berkesempatan memakaikan mahkota kepada orangtua mereka di atas panggung. Acara ditutup dengan sungkeman dan do’a. 

“Acara Khotmil dan wisuda ini merupakan perwujudan rasa syukur kami kepada Allah SWT atas usaha santriwan dan santriwati angkatan 17 dalam mempelajari Al Qur'an. Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada mereka atas prestasi selama 6 tahun belajar di SDIT Usamah,” ungkap Nindy Restu Lina selaku Koordinator acara.

“Kami berharap semoga ilmu dan habit selama belajar di Usamah bisa bermanfaat dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para siswa bisa lebih termotivasi dalam menuntut ilmu di jenjang berikutnya. Barakallah fi ‘ilmi Sholih Sholihah, proud of you all.”

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar