LPIT Harapan Ummat Purbalingga Gelar Pelatihan Metode Belajar Al Qur'an 'Ilman Wa Ruuhan

PURBALINGGA - Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga mengadakan Pelatihan Metodologi Metode Belajar Al Qur'an 'ilman wa ruuhan pada Hari Kamis - Sabtu (22-24/6) di Komplek LPIT Harapan Ummat Purbalingga. Pelatihan diikuti oleh  80 pengajar Al Qur'an dari unit PAUD, SDIT dan SMPIT yang dibersamai oleh trainer nasional dan wilayah di bawah naungan BP2Q JSIT Indonesia. 

Dalam agenda pembukaan pelatihan, Cukup Riyanto selaku Direktur LPIT Harapan Ummat Purbalingga menyampaikan apresiasi terbaik kepada BP2Q JSIT Indonesia yang telah menginisiasi hadirnya Metode Belajar Al Qur'an 'Ilman Wa Ruuhan. 

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi terbaik untuk BP2Q JSIT Indonesia atas inisiatifnya menghadirkan Metode Belajar Al Qur'an 'Ilman Wa Ruuhan. Kami sambut baik dan berharap melalui metode ini dapat menjadi jalan mewujudkan pendidikan Al Qur'an yang bermutu di lembaga kami dan Indonesia pada umumnya," ungkap Cukup. 

Sejalan dengan hal tersebut, Nanang Kosim selaku Ketua TP2Q Wilayah Jawa Tengah mengajak kepada seluruh  pengajar Al Qur'an di SIT  wilayah Jawa Tengah untuk senantiasa mengamalkan salah satu hasits nabi tentang pendidikan Al Qur'an. Beliau berpesan bahwa sebagai pengajar Al Qur'an harus selalu aktif belajar dan mengajarkannya agar layak disebut sebagai manusia terbaik. Beliau juga mengingatkan bahwa hal penting dari pendidikan Al Qur'an adalah kondisi ruhiyah pengajar yang harus selalu diperhatikan.

"Menjadi pengajar Al Qur'an adalah salah satu jalan agar kita bisa disebut sebagai manusia terbaik. Maka penting menjaga kualitas pendidikan Al Qur'an dengan senantiasa meningkatkan aspek ruuhan (esensi), disamping aspek ilman (keilmuan)," tambah Cukup.

Selama mengikuti pelatihan, peserta dibekali materi standar proses, isi, dan penilaian dalam Metode Belajar Al Qur'an 'Ilman Wa Ruuhan. Juga diberikan kesempatan untuk membuat administrasi kelengkapan belajar dan menerapkannya dalam praktik mengajar. 

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, seluruh unit yang ada di LPIT Harapan Ummat Purbalingga memiliki visi dan misi yang sama dalam melaksanakan pendidikan Al Qur'an. Lebih dari itu, melalui Pendidikan Al Qur'an akan lahir generasi bermutu secara 'ilman dan ruuhan.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar