Tim Asesor BAN S/M Visitasi Akreditasi di SDIT Usamah Tegal

TEGAL - SDIT Usamah mendapat kunjungan visitasi akreditasi dari Tim Asesor Badan Askreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah (S/M), Rabu-Kamis, 11-12 Oktober 2023. 

Tim Asesor menilai dan mengkroscek data empat standar mutu sekolah yaitu standar mutu kelulusan, proses pembelajaran, guru dan manajemen sekolah. Tim Assesor yang menilai yaitu Bapak Hernanto dan Bapak Sarno.  juga mengecek kondisi fasilitas sekolah dan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Proses penilaian hari pertama dimulai dengan survei lingkungan sekolah dilanjut wawancara oleh asesor kepada guru, staf, maupun kepala sekolah terkait 4 standar mutu sekolah. Dihari ke dua diadakan wawancara dengan pengurus komite, perwakilan orang tua, 10 siswa dari kelas 6 dan  angket yang harus diisi 15 siswa secara online. Tim Asesor juga melihat langsung proses pembelajaran di Kelas. 

Pukul 13.30 proses visitasi akreditasi selesai dan proses penutupan sama seperti hari pertama hanya saja ditutup dengan lagu bagimu negeri dan doa. Assessor sangat memberi apresiasi kepada sekolah yang sudah memberikan layanan terbaik selama mereka melakukan visitasi.  Kepala sekolah juga mengucapkan terimakasih atas masukan para assesor bagi kemajuan layanan penddidikan sekolah terpadu

“Alhamdulillah proses akreditasi sudah kita lalui, bersama. Terimakasih kepada tim Akreditasi yang luar biasa, Ustadz ustadzah semua juga staf yang membantu dan mendukung jalannya proses akreditasi. Kerja keras dan tim yang luar  biasa. Semoga Allah memberikan hasil terbaik dan sesuai harapan kita. aamiin.” ujar Etti  Herawati, S.Pd.SD selaku Penanggung Jawab Akreditasi SDIT Usamah.

Kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat 22 Akreditasi Sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan professional.

Harapan dalam kegiatan dan setelah kegiatan tersebut SDIT Usamah makin unggul dan terpercaya baik tingkat akademiknya maupun akhlaknya sebagaimana visi sekolah SDIT Usamah yaitu  menjadi institusi Islam  yang unggul dan terpercaya yang menawarkan layanan Pendidikan Terpadu bagi pengembangan potensi anak muslim dan berwawasan lingkungan

"Untuk mengukur keberhasilan suatu sekolah atau Lembaga maka perlu ada evalusai yang menyeluruh. Dengan adanya akreditasi ini, merupakan kegiatan yang sangat positif untuk sekolah. Jika ada kekurangan,bisa kita ketahui dan terus kita perbaiki dan ketika ada sesuatu yang bagus, baik dan sesuai, maka akan terus kita pertahankan dan terus berusaha agar lebih baik lagi.

Semoga mendapatkan nilai yang lebih baik lagi dari akredtasi tahun sebelumnya dan guru-guru lebih termotivasi lagi dengan berpikir positif dan kreatif." Pungkas Nurcholish, S.Pd.I selalu Kepala Sekolah.

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar