500 Guru JSIT Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga Peringati Hari Guru



Lima ratus guru lebih Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Korda Semarang 2 yang meliputi Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga menyimak materi dari narasumber dalam peringatan hari guru
Salatiga-Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Korda Semarang 2 yang meliputi wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, Sabtu (24/11) menggelar kegiatan bertajuk Silaturrahim Akbar Guru JSIT Indonesia Korda Semarang 2 di Gedung Pertemuan Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Ngawen Salatiga. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 500 guru yang berasal dari Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang tergabung dalam JSIT Indonesia Korda Semarang 2.
MH Trimo, Ketua Panitia dari kegiatan ini yang juga Kepala SDIT Permata Bunda Bawen mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyambut peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dan untuk memberikan pembinaan kepada guru-guru SIT. Kegiatan ini menghadirkan Muh. Haris, Wakil Walikota Salatiga sebagai Keynote Speaker dan Dr. Muqoddam Cholil, MA, Dewan Pembina JSIT Indonesia sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut.
“Kegiatan ini sebagai ajang silaturrahim bagi guru-guru SIT yang tersebar di dua wilayah yaitu Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga di bawah naungan JSIT Indonesia. Selain itu juga sebagai spirit menyambut peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018. Dengan mengangkat tema Keteladanan Guru di Era Millenial, panitia menghadirkan dua tokoh yaitu Muh. Haris (Wakil Walikota Salatiga) dan Dr. Muqoddam Cholil, MA (Dewan Pembina JSIT Indonesia) untuk memberikan pembinaan kepada para guru yang hadir,” kata MH Trimo.
Muh. Haris, Wakil Walikota Salatiga dalam paparannya menyampaikan bahwa guru adalah pekerjaan mulia. Di zama yang serba modern seperti ini dibutuhkan kesungguhan para guru untuk mengantarkan para siswanya menjadi generasi yang terbaik. Lebih-lebih Indonesia pada tahun 2045 nanti akan mendapatkan bonus demografi yang mana Indonesia akan memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berusia produktif. Oleh karena itu guru dituntut tidak hanya mentrasnfer ilmu melainkan juga harus mampu menanamkan pendidikan karakter dan memberikan keteladanan kepada peserta didiknya.
“Di zaman yang oleh banyak orang disebut dengan zaman millennial, guru dituntut untuk tidak hanya mentransfer ilmu melainkan juga harus menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik. Pada perayaan seratus tahun Indonesia merdeka nanti, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Oleh karenanya para peserta didik harus disiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkarakter dengan memberikan keteladanan kepada mereka,” kata Muh. Haris.
Hal senada juga disampaikan oleh Muqoddam Cholil, Dewan Pembina JSIT Indonesia. Ia menyampaikan bahwa profesi sebagai guru merupakan profesi yang mewarisi para nabi dan rasul. Guru akan mendapatkan pahala yang terus mengalir meskipun mereka telah meninggal. Maka para guru harus bersyukur karena telah dipilih oleh Allah untuk menjalankan misi para nabi dan rasul. Guru yang baik adalah mereka yang tidak hanya mengajar tetapi juga terus belajar. Guru seperti cermin. Sedangkan para murid akan bercermin dari profil seorang guru. Maka berikanlah keteladanan yang terbaik kepada mereka karena itu akan menjadi investasi yang terbaik bagi para guru kelak di akhirat.
“Guru itu profesinya para nabi dan rasul. Maka kalian harus bersyukur telah dipilih oleh Allah untuk menjadi pengajar dan pembelajar. Guru yang baik adalah guru yang terus mau belajar agar bisa memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Guru merupakan cerminan bagi peserta didiknya. Kalau guru itu baik maka insya Allah para peserta didik akan tumbuh baik dan berkarakter,” kata Muqoddam Cholil.
Acara diakhiri dengan pemberian doorprise bagi peserta yang beruntung dan trophy kejuaraan Olimpiade Sains Sekolah Islam Terpadu (OSSIT). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Sigit Cayantoro.

Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar