Karawitan Among Roso dari SMPIT Insan Mulia Wonosobo Meriahkan Muswil V JSIT Jateng

 

SENI KARAWITAN: Kelompok kesenian Karawitan Among Roso yang beranggotakan siswa SMPIT Insan Mulia Wonosobo meriahkan Muswil V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Sabtu-Ahad (5-6/3) di Hotel Atria, Kota Magelang.

Magelang (5/3) – Ada yang beda pada Muswil V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah yakni dengan hadirnya iringan karawitan yang menambah khidmat suasana. Karawitan ini merupakan kelompok binaan dari SMPIT Insan Mulia Wonosobo yang terdiri dari peserta didik kelas 7 dan 8.

 

Inisiator Karawitan Among Roso adalah Kepala SMPIT Insan Mulia Wonosobo, Yayuk Srilestari, S.Pd., M.Pd.I. Karawitan ini dibentuk dengan tujuan menjalankan peraturan bupati Wonosobo untuk mengembangkan muatan lokal di sekolah, sekaligus mengembangkan minat dan bakat peserta didik khususnya di bidang kesenian. Sebagai pelatih adalah kang Dwi Pranyoto didampingi guru Bahasa Jawa dari SMP IT Insan Mulia Wonosobo yaitu Mustofa.

 

Terbentuk pada tahun 2019, tim ini berlatih sepekan sekali. Namun untuk Muswil, tim karawitan melakukan latihan setiap hari selama satu bulan.  Latihan dilakukan di ruang karawitan SMPIT Insan Mulia Wonosobo. Tim karawitan ini beberapa kali tampil di agenda sekolah dan IKKS (Ikatan Kerja Kepala Sekolah).

 

Mustafa menyampaikan suka duka melatih karawitan yakni bahwa pemain cenderung cepat jenuh, sehingga tidak fokus dan bermain sendiri sehingga pelatih harus mampu menyesuaikan suasana hati dan ikatan hati pemain. Sementara itu Musatafa juga menyampaikan rasa bannga, peserta didik yang dilatihnya mau ikut serta melestarikan budaya dengan cara ikut karawitan serta tim karawitan mampu tampil di berbagai acara.

 

Pada Muswil V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada Sabtu – Ahad, 5 – 6 Maret 2022, Among Roso menampilkan beberapa lagu:

1.       Manyar Sewu

2.       Sluku-Sluku Batok

3.       Singo Nebah

4.       Senandung Tasbih

5.       Lir-ilir

6.       Selawat Badar


(ata)

Share on Google Plus

About Dwi Pujiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar