SDIT Insan Cendekia Boyolali Upacara Berseragam Batik

BOYOLALI - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022 SDIT Insan Cendekia Boyolali mengadakan upacara dengan berseragam batik, Senin, 3 Oktober 2022.

Kepala sekolah, Badrus Zaman, mengatakan bahwa siswa diwajibkan memakai batik sebagai upaya melestarikan warisan budaya nasional yang sudah ada secara turun-temurun.

“Harapannya tumbuh kecintaan dari para siswa agar mencintai warisan budaya bangsa, dan batik adalah salah satunya. Mengingat kemarin (Ahad,2/10) adalah hari batik maka kami wajibkan mereka memakainya sekarang,” jelas Badrus.

“Selain batik sekolah kami juga mengenalkan warisan budaya lainnya seperti karawitan. Pekan kemarin kami mengikuti lomba karawitan tingkat kabupaten Boyolali. Meski belum mendapat juara tapi ada beberapa hal yang bisa dibanggakan. Pertama, dari sembilan belas kecamatan, kami satu-satunya peserta yang berasal dari sekolah swasta. Lainnya sekolah negeri. Ini kemudian menarik perhatian banyak orang karen sesuatu yang langka.Kedua, kami memiliki peralatan karawitan yang lengkap dimana itu milik sekolah pribadi, bukan pinjam,” beber Badrus.

Lebih jauh Badrus mengungkap bahwa sekolahnya akan dan selalu bertekad untuk ikut andil dalam melestarikan warisan budaya Nusantara.

“Jangan sampai orang asing justru lebih mencintai batik atau lebih pawai memainkan alat-alat karawitan. Apalagi sampai mengklaim bahwa itu adalah budaya mereka. Ini tantangan bagi sekolah dan bangsa Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Sumber: http://wartabengawan.id/boyolali/sdit-insan-cendekia-boyolali-upacara-berseragam-batik/

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar